Tips

Intip Hantu Perempuan Gentayangan Untuk Balas Dendam Dari Asia

Dalam banyak budaya, hantu dipandang sebagai arwah ingin tau yang berkeliaran di dunia lantaran masih mempunyai urusan yang belum terselesaikan di dunia. Misalnya lantaran ia dulu meninggal akhir dibunuh dan pembunuhnya masih bebas berkeliaran. Di Asia, konsep hantu macam itu juga banyak ditemukan. Berikut ini ialah 5 hantu perempuan dari Asia yang dipercaya bergentayangan lantaran ingin membalas dendam.

Sundel Bolong (Indonesia)

 hantu dipandang sebagai arwah ingin tau yang berkeliaran di dunia lantaran masih mempunyai u Intip Hantu Wanita Gentayangan Untuk Balas Dendam Dari Asia

Jika diminta menyebutkan nama hantu perempuan asal Indonesia, maka sundel bolong ialah salah satu yang paling terkenal. Hantu ini digambarkan mempunyai penampilan yang tidak berbeda dengan perempuan normal. Namun jikalau dilihat dari belakang, hantu ini nampak mempunyai lubang di punggungnya.

Hal itulah yang mengakibatkan hantu ini mempunyai kata “bolong” pada namanya, sementara nama “sundel” berasal dari kata sundal, sebutan lain untuk pelacur atau penjaja seks. Nama yang terakhir diberikan lantaran berdasarkan cerita, sundel bolong memikat korbannya dengan cara berpura-pura menjadi penjaja seks.

Ada beberapa versi dongeng mengenai asal-usul sundel bolong, namun semua dongeng tersebut mempunyai kesamaan. Wanita yang menjadi cikal bakal sundel bolong diceritakan meninggal dalam keadaan hamil. Ada kisah yang menyatakan kalau ia meninggal akhir dibunuh atau bunuh diri. Ada pula yang mengisahkan kalau penyebab meninggalnya ialah akhir melahirkan.

Saat sudah meninggal itulah, bayi yang ada dalam kandungannya diceritakan keluar dari badan ibunya lewat punggung. Itulah sebabnya ketika perempuan tersebut bangun kembali sebagai hantu, punggungnya nampak mempunyai luka besar yang menganga. 

Korban sundel bolong umumnya ialah pria. Begitu ia sudah berhasil memikat korbannya, sundel bolong akan eksklusif memotong kemaluannya sebelum lalu membunuhnya. Namun sundel bolong kadang kala juga diceritakan menyerang belum dewasa lantaran ia mengira anak tersebut sebagai bayinya yang hilang.

Churel (India)

 hantu dipandang sebagai arwah ingin tau yang berkeliaran di dunia lantaran masih mempunyai u Intip Hantu Wanita Gentayangan Untuk Balas Dendam Dari Asia

India dikenal sebagai negara dengan komposisi suku dan budaya yang amat beragam. Oleh lantaran itulah, India pun juga mempunyai kisahnya sendiri soal hantu wanita. Salah satu hantu perempuan yang cukup populer di India utara ialah churel. Churel digambarkan dapat mengeluarkan teriakan yang memekakkan telinga. Selain dengan nama churel, hantu ini juga dikenal dengan nama chudail atau chudel.

Menurut cerita, churel ialah arwah gentayangan dari seorang perempuan hamil yang meninggal dalam pameran Diwali, pameran keagamaan yang amat populer di India dan dirayakan dengan cara menyalakan kembang api dalam jumlah besar. Dalam dongeng lain, churel dikatakan meninggal ketika sedang melahirkan anaknya.

Churel diceritakan mempunyai sifat ibarat vampir yang berarti ia akan menghisap darah korbannya. Ia menyimpan dendam kepada siapapun yang masih hidup lantaran semasa masih hidup, ia gagal mempunyai keturunan dengan selamat.

Churel konon kerap menampakkan diri di daerah pelosok dan hutan. Ia mempunyai kaki yang menghadap ke arah belakang. Sahabat anehdidunia.com begitu berpapasan dengan korbannya, churel akan mensugesti korban tersebut dengan tatapannya dan lalu membawanya ke tempat yang sepi. Saat korban sudah dibawa ke tempat yang dimaksud, churel akan menghisap habis darah korbannya. 

Churel utamanya mengincar orang-orang yang masih mempunyai hubungan darah dengannya lantaran ia merasa geram tidak diperlakukan secara layak ketika masih hamil. Untuk menjinakkan churel, jenazah manusianya harus dikuburkan kembali secara layak biar arwahnya tidak lagi menyimpan dendam. 

Onryo (Jepang)

 hantu dipandang sebagai arwah ingin tau yang berkeliaran di dunia lantaran masih mempunyai u Intip Hantu Wanita Gentayangan Untuk Balas Dendam Dari Asia

Rakyat Jepang dikenal masih menjunjung tinggi budaya dan hal-hal mistis kendati hidup di tengah kemajuan teknologi. Mereka percaya kalau seseorang yang meninggal dengan cara yang angker atau tidak masuk akal bakal kembali ke dunia dalam wujud hantu yang bergentayangan. 

Onryo ialah pola dari hantu macam itu. Hantu ini normalnya digambarkan sebagai hantu perempuan walaupun kadang kala ada juga kisah mengenai onryo pria. Sahabat anehdidunia.com korban dari onryo umumnya ialah orang-orang yang masih mempunyai hubungan dengannya ketika masih hidup sebagai manusia.

Saat beraksi, onryo tidak akan membunuh korbannya begitu saja, namun ia akan menghantui dan menyiksa korbannya secara perlahan sampai korbannya merasa tertekan dan hasilnya bunuh diri. Sesudah itu, onryo akan menunggu beberapa bulan untuk melihat bagaimana orang-orang akrab dari sang korban bereaksi. Baru sehabis itu onryo tetapkan korban berikutnya untuk dibunuh.

Walaupun onryo lahir dari dendam yang dipendam oleh sosok manusianya ketika masih hidup, tidak jarang onryo bertindak membabi buta ketika membunuh. Dengan kata lain, onryo juga tidak segan-segan membunuh orang yang tidak mempunyai hubungan dengannya ketika masih hidup. Bahkan tidak jarang orang yang bertanggung jawab atas kematiannya tetap selamat dari amukan onryo.

Phi Tai Hong (Thailand)

 hantu dipandang sebagai arwah ingin tau yang berkeliaran di dunia lantaran masih mempunyai u Intip Hantu Wanita Gentayangan Untuk Balas Dendam Dari Asia

Di dunia hiburan, Thailand dikenal kerap memproduksi film-film horor yang kualitasnya sudah diakui sampai di luar negeri. Kisah dalam film horor Thailand sendiri sedikit banyak terinspirasi dari mitos horor yang banyak diyakini oleh penduduk setempat. Phi tai hong ialah pola dari hantu Thailand yang cukup terkenal.

Menurut dongeng yang diyakini oleh masyarakat Thailand, phi tai hong berasal dari arwah perempuan muda yang tewas secara mengenaskan dan mayatnya tidak dikuburkan secara layak. Tempat-tempat ibarat lokasi serangan teroris dan musibah diyakini sebagai lokasi yang kerap menjadi awal mula munculnya phi tai hong.

Wanita yang meninggal ketika hamil diyakini bakal memunculkan phi tai hong dalam wujud terkuatnya lantaran hantu yang bersangkutan bangun dari dua jasad sekaligus. Sahabat anehdidunia.com Phi tai hong biasanya hanya akan menampakkan diri tidak jauh dari lokasi kematiannya.

Begitu ada orang malang yang melintas di dekatnya, phi tai hong akan eksklusif membunuh orang tersebut. Harapannya arwah phi tai hong tadi hasilnya dapat meninggalkan dunia dengan hening lantaran tempatnya sekarang digantikan oleh arwah dari orang yang dibunuhnya. 

Walaupun ditakuti, phi tai hong juga dipandang sebagai metode terbaik untuk mencari keadilan oleh penduduk Thailand di masa lampau. Ketika ada seorang anak yang tewas dibunuh, pembunuhnya bakal dikurung di samping jenazah korban biar phi tai hong bangun dan lalu memperlihatkan jawaban setimpal kepada sang pembunuh. 

Krasue / Kuyang (Asia Tenggara)

 hantu dipandang sebagai arwah ingin tau yang berkeliaran di dunia lantaran masih mempunyai u Intip Hantu Wanita Gentayangan Untuk Balas Dendam Dari Asia

Krasue ialah sebutan untuk hantu perempuan yang penampilannya bakal menciptakan siapapun merasa mual. Pasalnya jikalau hantu perempuan umumnya digambarkan sebagai sosok yang mengenakan pakaian, maka krasue digambarkan sebagai hantu kepala terbang dengan organ badan yang menggantung di bawahnya.

Krasue ialah nama yang dipakai oleh orang Thailand untuk menjuluki hantu ini. Kalau di Kamboja, hantu ini dikenal dengan nama ahp. Sahabat anehdidunia.com di Indonesia, hantu ini dikenal dengan nama kuyang serta palasik. Di Malaysia, hantu ini dikenal sebagai penanggalan. Sementara kalau di Filipina, warga setempat mengenalnya dengan nama manananggal.

Seperti halnya hantu pada umumnya, krasue mempunyai asal-usul yang simpang siur. Kalau berdasarkan kepercayaan masyarakat Thailand sendiri, krasue diceritakan berasal dari awah seorang perempuan yang semasa hidup pernah melaksanakan dosa berat. Dosa tersebut lantas menciptakan dirinya tidak dapat beristirahat dengan hening ketika sudah meninggal dan bangun kembali sebagai krasue.

Krasue digambarkan mempunyai sikap yang serupa dengan vampir. Ia hanya menampakkan diri pada malam hari untuk menghisap darah manusia, binatang ternak, dan janin yang dikandung perempuan hamil. Pada siang hari, krasue menyamar sebagai insan dengan cara menggunakan gaun panjang biar organ tubuhnya tidak terlihat. 

Walaupun berbahaya, krasue diceritakan masih dapat dibunuh dengan cara dibakar. Krasue juga diceritakan tidak akan mau mendekati rumah yang belahan luarnya dipasangi bambu-bambu runcing lantaran krasue tidak menyukai benda tajam yang dapat membuatnya tersangkut.

referensi:
https://listverse.com/2014/02/10/10-vengeful-ghosts-in-folklore-and-mythology/
https://en.wikipedia.org/wiki/Krasue

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel